08 July 2019

Delta Chat Langkah Demi Langkah

Delta Chat adalah aplikasi chatting melalui email (chat over email). Aplikasi ini pada dasarnya adalah email client, namun memberikan antarmuka seperti aplikasi perpesanan instan (seperti WhatsApp dan Telegram). Selain itu delta chat juga memberikan nilai lebih seperti: group chat dan end-to-end encryption. Delta chat hanya membutuhkan sebuah email account (daftar penyedia layanan email yang didukung) dan dapat berkomunikasi dengan pengguna email biasa (tanpa melalui delta chat).

Delta chat dapat menjadi alternatif aplikasi perpesanan handal melengkapi (mungkin menggantikan) WhatsApp dan Telegram. Saat ini (Juli 2019) Delta chat masih berstatus beta, namun sejauh yang saya gunakan, stabil dan dapat diandalkan. Selain tersedia di Google play, delta chat juga tersedia di F-Droid. Silahkan cek halaman download untuk alternatif instalasi lainnya. 

Konfigurasi delta chat cukup sederhana. Pengguna Android dapat men-download delta chat melalui Play store, lalu mempersiapkan informasi konfigurasi dari provider email yang digunakan. Pengguna G-mail dapat menggunakan OAuth atau menggunakan App Password. Untuk konfigurasi email lainnya dapat mengunjungi bagian help pada website delta chat khususnya pada bagian provider overview

Setelah instalasi delta chat selesai, delta chat akan memunculkan wizard yang digunakan untuk mengentrikan data dasar. Jika menggunakaan layanan email yang dikenal oleh delta chat, maka konfigurasi hanya membutuhkan alamat email dan password. Beberapa layanan, untuk alasan keamanan lebih menganjurkan menggunakan OAuth atau password atau app password. 

Wizard Pengaturan Delta Chat

Konfigurasi Username dan Password

Pilihan Menggunakan OAuth

Selain menggunakan OAuth, alternatifnya adalah dengan menggunakan app password yang sebelumnya sudah diset melalui halaman akun google.  

Ada konfigurasi tambahan di bawah, namun untuk layanan yang sudah dikenali oleh delta chat, konfigurasi tersebut dapat dilewatkan karena sudah terisi secara otomatis. Setelah konfigurasi selesai, delta chat dapat digunakan dengan memilih kontak (alamat email) yang akan dihubungi (pemberian hak akses ke kontak diperlukan).  

Mengirimkan Pesan Menggunakan Delta Chat

Pengguna Email Biasa Menerima Pesan dan Membalasnya

Pesan Balasan (email yang di-reply) Diterima Di Delta Chat

Tidak perlu menjadi pengguna delta chat untuk menerima pesan yang dikirimkan dari delta chat. Semua pengguna email dapat menerima pesan, namun untuk mengirimkan pesan ke pengguna delta chat, pengguna email biasa harus meminta pengguna delta chat terlebih dahulu mengirimkan mereka email, lalu membalasnya (me-reply). 

Konfigurasi berikutnya yang perlu dilakukan adalah mengizinkan delta chat selalu berjalan di background. Tujuannya adalah agar delta chat dapat tetap menerima pesan meskipun sudah ditutup. Opsi ini perlu diberikan dan sejauh saya menggunakan delta chat, tidak ada penggunaan baterai yang mencurigakan, saya bahkan tidak merasakan perbedaan penggunaan baterai tersebut.  

Delta Chat Meminta Izin Mengakses Data Pada Background

Konfirmasi Permintaan Akses Aplikasi Selalu Berjalan di Backgound


Delta chat adalah aplikasi yang sangat menjanjikan karena menggunakan sumber daya yang sudah ada (email) dan tidak terikat kepada sebuah server. Aplikasi ini juga sudah memilliki fitur end-to-end encryption dan untuk komunikasi dasar sangat dapat diandalkan. Itu lah alasan saya mengajukan delta chat sebagai alternatif aplikasi perpesanan handal di samping WhatsApp dan Telegram pada sebuah pertanyaan Quora

No comments:

Post a Comment