15 July 2019

(Kurasi Quora) Menikahi Orang yang Dicintai

Rieny Hassan menggunakan tarian tanggo sebagai analogi pernikahan. Mengutip dari halaman jawaban pertanyaan quora "Apakah Anda menikahi orang yang Anda cintai?"

Berdansa Tango butuh dua orang, bergerak dengan irama yang sama saat melangkahkan kaki yang berbeda. Kalau kaki kanan anda maju, maka agar tetap bergerak harmonis, kaki kirinya yang mundur.
Bukankah sebagai suami-istri kita juga demikian? Ada saat suami yang Lead the way, ada saat istri yang lebih tahu lika liku, lalu ada di depan. Kalau saling merebut posisi dominan, yaaa…di Tango, anda pasti menginjak kaki pasangan anda.
Pada kalimat pembuka, Rieny langsung memberikan pernyataan jawaban: Ya…. Saya menikahi orang yang saya cintai, tetapi ia juga mencintai saya. Jika saya tidak salah menafsirkan Rieny ingin menyampaikan bahwa pernikahan membutuhkan kolaborasi. Kolaborasi dari pasangan untuk saling melengkapi baik dalam kelebihan maupun kekurangan. Ketika yang satu memberikan cinta, yang lain harus memberikan balasan yang setidaknya sama besarnya, dan ketika yang satu menunjukkan dominansi, yang lain harus berusaha memahami dan tidak saling berebut dominansi. Seperti tarian tango, begitulah keharmonisan tercipta.

No comments:

Post a Comment