29 September 2017

Why Smart People Uderperform (Rangkuman)



Rangkuman talk "Why Smart People Underperform".
Video: https://www.youtube.com/watch?v=OBV2vBFD29I

1. Tentukan tujuan yang jelas dan spesifik.

Tentukan tujuan yang jelas dan spesifik.
3 goal untuk 1 hari (short term)
3 goal untuk 1 - 2 minggu (medium term)
3 goal untuk 6 bulan - 1 tahun (long term)
3 goal untuk seumur hidup.

Dengan menggunakan 3 goal tersebut kita akan membangun prioritas.

Orang pintar gagal memberikan kinerja yang baik karena gagal memprioritaskan dan mendefinisikan tujuan yang spesifik.

2. Hindari "screen sucking".

Screen sucking berawal dari buku crazy busy. Screen sucing mengacu kepada keinginan untuk melakukan pengecekan email. Namun satu jam kemudian kita tetap ada disana seolah email menarik semua perhatian kita dan kita kehilangan kendali atas waktu. Screen saat ini menjadi semakin interaktif yang menarik perhatian kita. Cara mengatasinya adalah dengan menyediakan waktu tertentu untuk mengakses internet, lalu mematikannya. TIO : Turn It Off.

3. Set respon default dari "yes" ke "let me get back to you". 

4. Never worry alone.  Jangan pernah cemas sendiri. Selalu ingat, jika selalu ada rekan dimana kita bisa berbagi kecemasan. Jika ada kecemasan tentang penyakit, ada dokter, jika ada kecemasan tentang finansial ada rekanan yang dapat berbagi kecemasan. Tiga langkah untuk mengatasi kecemasa: 1. jangan pernah cemas sendirian, 2. Temukan faktanya karena kecemasan yang merusak bersumber dari informasi yang kurang atau informasi yang tidak mencukupi atau kombinasi keduanya, 3.  Buat rencana. Jika rencana tidak berhasil, maka koreksi rencana tersebut. Ketika memiliki rencana, kita akan merasa memiliki kendali dan merasa lebih tidak rentan.  Jika kita cemas bersama seseorang, kecemasan kita dapat di selesaikan.

5. Cultivating lilies & getting rid of leeches.  Lilies menurut definisi adalah orang-orang atau project yang berharga. Sedangkan leeces adalah orang ataupun proyek yang tidak berharga. Orang tetap bertahan pada leehces biasanya disebabkan oleh inersia dan rasa bersalah.  Tapi ada masalah dengan lilies. Jika memiliki terlalu banyak lilies, maka akan memiliki sifat seperti leeches. Untuk mengatasinya, perlu ada prioritas dari lilies.

Salah satu prinsip dasar mengapa orang pintar tidak memberikan kinerja yang baik adalah karena mereka tidak memanfaatkan kendali (control) yang dimilikinya. Mereka merasa bahwa mereka kurang berdaya dari mereka yang sebenarnya.

No comments:

Post a Comment