19 September 2017

Universal Basic Income


Dulu sewaktu sibuk-sibuk skripsi, sebagian besar teman-teman jurusan Sistem Informasi akan mengangkat tema perancangan sisfo a, b, c atau mengembangkan layanan a, b, c yang tujuan utamanya adalah memaksimalkan penggunaan komputer dalam menyelesaikan masalah manusia serta mengurangi kebutuhan tenaga manusia. Sederhananya, setiap sistem informasi atau aplikasi yang dikembangkan oleh mahasiswa Sistem Informasi adalah untuk menciptakan pengangguran.

Cepat atau lambat (saya yakin hal ini sedang berakselerasi yang artinya tidak akan lama lagi) pekerjaan manusia akan digantikan oleh robot. Semua akan serba otomatis, komputer akan menggantikan pekerajaan manusia. Jauh lebih mencemaskan dari digantikannya gadis-gadis "computer" dengan "IBM Computer" pada film Hidden Figures.

Basic income boleh jadi akan menjadi solusi. Akan timbul pertanyaan besar dengan diterapkannya basic income (Rutger Bregman menyebutnya dengan istilah "free money for everyone) seperti banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membayar setiap orang tak peduli apakah dia bekerja atau malas-malasan saja, atau apakah dengan memberi setiap orang uang lalu mereka akan berhenti bekerja dan pertanyaan yang paling sulit dijawab: apakah para politisi dan pemimpin (oke, para oligarch) bersedia mewujudkan ini? Baik, sebelum mulai mencari dan mengolah literatur, mulai saja dari video TedX ini.

No comments:

Post a Comment