28 September 2017

Apa yang Dilakukan internet Kepada Otak Kita.


Rangkuman presentasi Nicholas Carr "The Shallow".

Video: https://www.youtube.com/watch?v=lt_NwowMTcg

Internet telah mengubah bagaimana otak kita bekerja. Dahulu buku memberikan kita fokus dimana setiap orang dapat masuk dengan lebih dalam ke ide-ide yang terdapat pada buku.

Secara naluriah pikiran kita cenderung untuk terus bergerak memantau lingkungan kita dan memastikan bahwa semuanya berjalan dengan semestinya. Secara evolusioner, jika seseorang terlalu fokus pada sesuatu, maka ia bisa saja dimakan predator atau diserang, oleh karena itu kesiap-siagaan menjadi kunci keberhasilan kerberlangsungan kehidupan manusia.

Fokus kepada sesuatu pada dasarnya merupakan hal yang tidak alamiah. Bukulah yang membawakan model berpikir "fokus" kepada masyarakat yang lebih luas. Dampaknya dapat terlihat pada 500 tahun terakhir dimana terjadi ledakan eksperimen, munculnya novel-novel, argumen-argumen serta narasi yang lebih dalam.

Membaca tidak hanya sebuah pengalaman soliter namun juga sebuah pengalaman artistik yang memberikan kita pehaman dan keterlibatan yang dalam antara pembaca dengan bukunya.

Internet memberikan hasil yang berlawanan dari buku. Buku memberikan kita perlindungan dari distraksi sedangkan internet memberikan distraksi yang luar biasa. Internet tidak hanya sebagai sebuah sistem perpesanan namun juga sebuah sistem interupsi yang dapat menginterupsi aktifitas kita. Internet juga sebuah sistem yang mengajak kita untuk melakukan multitasking.

Internet mengajak kita untuk mendapatkan informasi-informasi baru. Ada kecenderungan bagi kita untuk mendapatkan dan menyimpanm informasi-informasi baru.

Distraksi oleh banyaknya informasi membatasi kita dari kesempatan untuk melakukan pemikiran yang mendalam dan konseptual.

Jika kita terlalu disibukkan dengan pemikiran yang datang dan pergi, maka kita kehilangan kesempatan untuk memindahkan informasi "berguna" yang berada pada memory jangka pendek ke dalam memori jangka panjang. Perhatian adalah kunci untuk memindahkan informasi ke memori jangka panjang.

Penelitian menunjukkan dengan adanya sebuah links dapat mempengaruhi fokus pembaca karena ada proses mental yang mengarahkan pembaca untuk mengklik links tersebut (mendapatkan informasi).

Penelitian tersebut dilakukan dengan memberikan pesan ke beberapa orang melalui komputer. Ada korelasi bahwa semakin banyak links yang terdapat pada pesan tersebut, maka reading comprehension menjadi menurun. Tidak masalah apakah links tersebut di klik atau tidak.

Semua orang yang membawa perubahan, baik itu seniman maupun ilmuan, mereka kesemuanya adalah orang-orang yang dapat fokus terhadap bidang yang dilakukannya.

Informasi telah berubah dari sebelumnya adalah "page" menjadi "stream".

No comments:

Post a Comment